Cukup banyak cara yang dapat Anda coba untuk beriklan, salah satunya dengan cara memakai google ads.
Google Ads atau Google AdWords merupakan fitur dari Google yang dapat membantu mempermudah Anda untuk memasang iklan di Google. Iklan produk atau jasa Anda nantinya akan ditampilkan pada hasil pencarian Google, menggunakan mekanisme keyword atau kata kunci yang relevan dengan bisnis yang Anda jalani.
Baca Juga: Belajar Desain Web? Simak Beberapa Hal Penting Berikut
Google sendiri hingga saat ini masih menguasai pangsa pasar mesin pencari yang ada di seluruh dunia dan menjadi yang paling populer. Terlebih, di Indonesia. Fakta menunjukkan, Google menguasai sekitar 97,09 persen pangsa pasar sedangkan untuk Yahoo dan Bing masing-masing 1,66 persen dan 0,77 persen. Benar-benar suatu kesempatan beriklan yang tidak bisa dilewatkan, bukan?
Untuk dapat beriklan di Google Ads, Anda perlu mengetahui syarat dan cara memakai google ads telebih dahulu. Syaratnya tidak rumit, Anda hanya perlu memiliki akun email Google (Gmail) yang masih aktif untuk melakukan pendaftaran. Jika Anda belum memilikinya, sebaiknya Anda membuat akun Gmail terlebih dahulu.
Setelah memastikan akun Gmail Anda aktif, Anda kemudian bisa melakukan pendaftaran. Adapun pendaftaran Google Ads membutuhkan beberapa tahapan, yaitu:
Buka Google Ads lalu silahkan login dengan akun Gmail aktif Anda. Misalkan, Anda tak ingin memakai akun Gmail pribadi milik Anda, Anda bisa membuat akun Google baru dengan mengisi kolom data yang tersedia terlebih dahulu.
Sebab, kadang kala banyaknya pesan masuk yang berasal dari Google Adwords bisa sangat menyebalkan. Jadi, ada baiknya Anda membuat akun baru yang khusus untuk Google Ads. Sehingga Anda tak perlu terganggu dengan adanya pesan masuk dari Google Ads yang bisa saja memenuhi email pribadi Anda.
Apabila Anda sudah berhasil login ke Google Ads, selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan pilihan goal dari iklan Anda tersebut. Anda bebas untuk memilih salah satunya saja yang sekiranya sangat cocok dengan usaha Anda.
Goal pertama misalnya, ketika aktivitas transaksi Anda kerap kali dilakukan lewat telepon, maka Anda bisa memilih goal, dihubungi via telepon. Kemudian, untuk goal yang kedua adalah berkunjung ke toko fisik yang Anda punya. Seperti contohnya cafe, restoran dan sebagainya. Lalu, ada pula goal ketiga yang mana adalah mengunjungi website Anda. Goal ini cocok jika transaksi Anda lebih sering dilakukan lewat website.
Jadi, pilih satu goal yang Anda inginkan dan cocok untuk usaha Anda. Pastikan pilihannya benar-benar tepat.
Tahap selanjutnya adalah memilih jangkauan lokasi yang nantinya Anda targetkan. Bisa di dalam dan luar negeri, atau cukup antar kota dan provinsi saja. Semua tergantung kepada keputusan Anda. Selain itu, Anda diharapkan untuk mengisi kategori usaha atau bisnis Anda tersebut. Agar mempermudah pihak Google untuk menentukan target audiens yang ada pada iklan Anda.
Tahap membuat copy iklan ini cukup sulit karena adanya batasan karakter dari Google. Untuk headline iklannya sendiri, Anda diberi batasan hingga 30 karakter. Sementara itu, untuk isi dari iklan tersebut terbatas hanya 80 karakter saja. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar membuat copy iklan yang menarik, jelas, singkat namun padat. Supaya pengunjung mudah memahami usaha Anda. Anda juga bisa memasukkan foto, tapi untuk yang satu ini optional saja.
Google Ads menerapkan sebuah sistem bernama PPC atau Pay Per Click yang membuat Anda tak perlu cemas soal biaya. Anda hanya harus membayar iklan yang di klik oleh pengunjung. Bila iklan tidak diklik makan Anda tidak perlu membayar sama sekali.
Saat baru pertama kali memakai Googel Ads, Anda dapat membuat estimasi budget yang rendah dulu. Setelahnya, lihat performa dari iklan Anda. Apabila cukup menghasilkan, maka Anda bisa menaikkan estimasi budget demi menghasilkan keuntungan lebih banyak.
Untuk langkah yang terakhir, Anda bisa memilih metode pembayaran yang disediakan Google dengan beragam pilihan baik kartu kredit ataupun transfer bank. Jadi, Anda tak perlu repot sama sekali.
Demikianlah ulasan cara memakai Google Ads yang penting untuk diketahui. Selamat mencoba.
Baca Juga: Pengertian SEO On Page dan Keuntungannya bagi Perusahaan
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.