Karena meski sudah disebutkan diberbagai kesempatan, masih saja ada yang tidak memahami apa itu digital marketing? Digital marketing merupakan aktivitas atau kegiatan mempromosikan brand atau produk dengan memanfaatkan media online. Dengan cara ini pengenalan produk dan brand dapat lebih merata dan tepat sasaran. Dalam digital marketing ada banyak aspek penting salah satunya copywriting untuk iklan digital.
Baca Juga: Kesalahpahaman Tentang Web Design dan Web Development
Berbeda dari content writing, copywriting untuk iklan digital memiliki kekuatan promosi yang lebih kuat dan tegas. Kalimat yang dipilih merupakan kalimat persuasive yang berfungsi untuk merayu, mengajak bahkan menyihir pembacanya untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa.
Dan mereka yang kesehariannya membuat copywriting dikenal dengan sebutan copywriter.
Menjadi seorang copywriter bukan hal yang mudah. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan untuk membaca situasi, mereka juga harus berpikir secara visioner untuk menentukan mana pendekatan yang sebaiknya dilakukan dalam menawarkan suatu produk dan jasa.
Karena bila pendekatan yang digunakan salah dan tidak sesuai dengan permintaan, pesan yang ingin disampaikan tidak benar-benar sampai pada sasaran melainkan akan stuck di tengah jalan.
Pernahkah Anda membayangkan sebuah situs menawarkan jasa atau produk cukup dengan sebuah gambar? Tidak ada tulisan ajakan, informasi tentang keunggulan produk dan hal-hal lain yang berhubungan dengan media tulisan? Tidak ada pula pesan video yang menjadi pengarah?
Rasanya jarang ada situs yang melakukan praktek digital marketing seperti itu, jikalau ada sulit bagi situs tersebut untuk dipahami oleh orang lain dan menjual produknya dengan baik.
Copywriting untuk iklan digital tidak hanya bertindak sebagai pemberi identitas tapi juga berperan penting sebagai salesman. Mereka menawarkan produk dan jasa melalui untaian tulisan yang dibuat rapi, menghasut dan profesional.
Digital marketing merupakan langkah awal bagi seorang pelaku bisnis online untuk masuk lalu mengenalkan produk dan jasanya ke dunia maya. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut, digital marketing membutuhkan sebuah jaringan atau wadah yang kita kenal sebagai media social atau situs profesional.
Tanpa keduanya, kita tidak bisa melakukan kegiatan digital marketing dengan baik. Menariknya, untuk dapat membuat iklan promosi di media social dan sebuah situs profesional dibutuhkan jasa periklanan yang salah satu divisinya bekerja dengan menjual tulisan yang dikenal sebagai copywriting.
Sebuah situs yang menggunakan teknik copywriting memiliki tampilan yang berbeda dari situs biasa. Tidak hanya menggunakan desain dan tema yang menarik, situs tersebut juga memiliki style tulisan yang unik. Tulisan dibuat jauh lebih sistematis, mengikuti alur dengan tujuan yang jelas yakni untuk memperkenalkan brand sekaligus mempromosikan produk.
Konsumen yang berkunjung akan mampu memahami apa dan bagaimana informasi yang coba disampaikan, tidak perlu lagi melakukan banyak upaya atau berpikir keras. Situs dengan teknik copywriting juga terlihat jauh lebih eye catching dan enak dibaca karena urutan informasinya jelas tidak melompat antara satu dengan lainnya.
Dalam digital marketing, teknik copywriting diyakini sebagai magnet efektif untuk menarik atensi konsumen dalam mode halus. Mereka yang tidak membutuhkan produk atau jasa sekalipun akan ikut terbujuk untuk membeli dan menggunakan jasanya.
Dalam prakteknya, keberhasilan menarik konsumen dengan teknik copywriting bukan semata-mata karena penawaran harga yang murah. Tapi lebih kepada teknik persuasive yang berhasil memberikan pengaruh besar meski dalam waktu singkat.
Baca Juga: Membangun Team Digital Marketing yang Ideal
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog kami di sini.