Tidak hanya sebatas untuk menawarkan produk atau komunitas yang hendak dijual. Lebih dari itu. Sosial media juga bisa digunakan sebagai media interaksi dengan pelanggan yang efektif. Tempat dimana pemilik bisnis menerima kritik serta saran untuk membangun pengembangan usaha.
Baca Juga: Manfaat Website Design Yang Berkualitas Bagi Bisnis Anda
Agar pelayanan terbaik bisa diberikan kepada pelanggan melalui media sosial marketing, ikuti berbagai strategi pengelolaan media sosial untuk layanan pelanggan berikut ini.
Semua orang pada dasarnya butuh didengarkan. Termasuk juga member fans page atau komunitas online bisnis Anda. Luangkan waktu setiap hari untuk memposting dan membaca setiap komentar dari member mengenai postingan itu. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membalas setiap saat, Anda bisa merekrut orang atau membentuk sebuah tim untuk menjawab segala pertanyaan maupun complain dari mereka.
Saat pelanggan mengeluh di sosial media, sebaiknya segera tangani keluhan tersebut dan segera melayaninya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberi sambutan dan selalu melayani dengan sopan serta tenang. Setelah itu, baru Anda menjelaskan hal yang terjadi dan meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.
Jangan sekali-kali abaikan keluhan mereka, sekalipun keluhan tersebut terjadi karena kesalahan mereka sendiri. Karena, jika diabaikan dan tidak diluruskan maka dampaknya akan fatal. Mereka bisa membuat kekecewaan dan kemarahan terhadap produk Anda menjadi berita viral di media sosial yang berujung pada menurunnya bisnis Anda.
Permintaan maaf secara tulus harus Anda ucapkan kepada konsumen yang komplain sekalipun komplain tersebut hanya sebatas kesalahpahaman saja. Jangan pernah menyangkal atau bahkan membela diri. Setelah itu, katakan pada mereka bahwa Anda akan segera meninjau masalah terkait komplain tersebut.
Dengan demikian, pelanggan akan merasa didengar keluhannya dan dihargai keberadaannya. Sehingga, meskipun mereka merasa kecewa, namun mereka tidak akan berhenti menjadi pelanggan Anda dan akan tetap menjadi pelanggan yang loyal.
Bagaimana jika pelayanan komplain pelanggan secara online tetap tidak bisa menyelesaikan masalah? Lakukanlah pelayanan lebih lanjut secara offline. Anda dapat datang langsung ke rumahnya atau dengan cara lainnya. Ini adalah sebuah langkah yang tidak hanya penting untuk meredam kemarahan pelanggan, namun juga akan lebih mendekatkan Anda dengan pelanggan tersebut.
Baik online maupun offline, pelayanan pelanggan terbaik adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis. Oleh sebab itu, cobalah untuk menerapkan beberapa strategi di atas ketika Anda melakukan pengelolaan sosial media marketing untuk bisnis Anda.
Baca Juga: Perhatikan Tips Memilih Perusahaan Digital Marketing Ini!
Jika Anda membutuhkan ahli untuk melakukan pengelolaan sosial media marketing bisnis Anda, Dorado Digital Activation Agency dapat membantu Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Dorado Digital Activation Agency, kunjungi kami di sini.