Jawabannya sangat relatif. Sama seperti pekerjaan lain, untuk menghasilkan penghasilan dari blog, tetap diperlukan ketekunan. Prosesnya tak hanya berjalan dalam waktu sebulan atau dua bulan, tetapi bisa bertahun-tahun.
Hal ini berkaitan erat dengan reputasi di mata mesin pencari ataupun pengunjung.
Baca Juga: Pemasaran Melalui Media Sosial? Ikuti 4 Tips ini
Rata-rata, blog yang sudah berpenghasilan rutin, sudah memiliki pengunjung setia karena topiknya spesifik. Ketika sudah mencapai titik tersebut, bisa dibilang pekerjaan selanjutnya cenderung lebih mudah. Tinggal memperluas jaringan dan peluang seiring perubahan tren di ranah pemasaran digital.
Mau jadi affiliater, advertiser, promotor, brand owner, atau apa pun yang menggunakan fasilitas blog, kategorinya hampir sama dari tahun ke tahun. Cara-cara menghasilkan uang di bawah ini sampai sekarang masih relevan karena ceruk pasarnya relatif masih sama.
CPC atau Cost per Click adalah biaya per klik iklan yang ditawarkan kepada advertiser. Tawaran itu biasanya berasal dari brand owner yang ingin mempromosikan konten, layanan, ataupun produknya. Harga untuk publisher (pemilik blog dan pemasang iklan) beda lagi karena berstatus sebagai pihak ketiga.
Sedangkan CPM atau Cost per Mile adalah sejenis metode pembayaran yang ditawarkan pada publisher (iklan) tiap 1.000 tayangan atau impresi. Untuk mendapatkan penghasilan dari iklan CPC ataupun CPM, bisa mendaftar Adsense. Baik lewat program kerja sama dengan Google ataupun Youtube.
Tanpa melalui Google ataupun Youtube, sebetulnya bisa memasang iklan pribadi langsung dari brand owner. Syaratnya wajib memiliki pengunjung setia dan terus memproduksi konten yang spesifik. Sebab, brand owner lebih suka dengan pengunjung tertarget ketimbang bersifat umum seperti di blog-blog bertopik berita.
Uang yang dihasilkan dari iklan pribadi tentu jumlahnya jauh lebih besar ketimbang ikut program Adsense. Karena, pemilik blog atau publisher bertindak sebagai pihak kedua. Jadi, seberapa besar biaya iklan yang dibebankan tergantung kesepakatan antara brand owner dengan pemilik blog.
Cara mendapatkan penghasilan dari blog di poin ketiga ini sedikit berbeda dengan poin kedua. Tanpa lewat iklan, cara mempromosikan produk/layanan/konten bisa dengan program content placement, review, atau backlink berbayar. Baik menggunakan teknik softselling ataupun hardselling.
Di antara ketiga cara tersebut, hanya program backlink berbayar yang cukup riskan. Para blogger ternama seperti Neil Patel dan Brian Dean pun enggan karena bisa mempengaruhi trust atau kepercayaan dari mesin pencari.
Inilah cara menghasilkan uang dari blog yang sangat potensial dan banyak diterapkan. Sebab, penghasilan yang didapatkan bersifat kontinu atau berkelanjutan. Tergantung skill dan strategi pemasaran. Bahkan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak seperti program Adsense yang sepenuhnya dikendalikan oleh pihak advertiser.
Produk digital yang bisa dijual meliputi foto, ebook, karya desain, artikel, infografis, tools, template, hingga hosting. Perjalanan tersulit biasanya berada di permulaan. Tapi, seiring banyaknya portofolio yang dihasilkan, bukan tidak mungkin di kemudian hari bisa mendirikan startup yang bergerak di bidang serupa.
Cara ini hanya bisa diwujudkan setelah memiliki banyak pengunjung atau nama besar. Katakanlah si pemilik blog sangat ahli di bidang pemasaran. Sudah banyak brand owner terkenal yang menggunakan jasanya. Di antara banyak pengunjung itu, pasti sebagian ada yang ingin mengikuti jejaknya.
Dari situlah ide untuk menawarkan keanggotaan berbayar bermula. Para anggota nantinya akan diajarkan kiat-kiat khusus agar berhasil menerapkan strategi pemasaran seperti yang ia lakukan selama ini. Biasanya, biaya yang ditawarkan cukup mahal, kecuali si empunya belum memiliki nama besar.
Banyak jalan menuju Jakarta. Begitu pula dengan upaya untuk mendapat penghasilan dari blog. Meski tak seglamor website perusahaan, blog tetap menjadi salah satu aset penting. Siapa tahu meski bermula dari blog, nantinya jadi sosok terkenal seperti Raditya Dika dan Agus Mulyadi.
Baca Juga: Belajar Desain Web? Simak Beberapa Hal Berikut
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.