Mahal atau murah itu sebenarnya hanya sebuah pilihan, tergantung kita membutuhkan yang mana. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk sedikit membahas tentang harga-harga yang ada pada iklan digital. Yuk ikuti pembahasan kami.
Baca Juga: Memaksimalkan Pemasaran Produk Dengan Content Marketing
Pada dasarnya sama dengan iklan lainnya, yaitu sebuah pesan yang memuat sebuah produk atau jasa yang memanfaatkan media digital sebagai tempat untuk menyampaikannya. Jenisnya ada banyak, tidak hanya adword atau instagram ads saja, namun juga termasuk messaging services (mobile advertising).
Diatas sudah sedikit kami singgung mengenai jenis digital advertising mulai dari messaging service, internet ads, dan masih banyak lagi. Sebelum lebih jauh membahas tentang harga iklan digital, ada baiknya Anda tahu jenis-jenis iklan yang paling populer.
iklan yang ditampilkan pada smartphone yang biasanya dihadirkan oleh operator selular. Pilihan iklanya sendiri seperti SMS, MMS, dan USSD.
SEM atau search engine marketing merupaka jenis iklan kedua yang memungkinkan kita untuk memasang iklan pada mesin pencari, Iklan jenis ini biasanya juga disebut dengan PPC.
Iklan yang ditempatkan pada sosial media seperti facebook, instagram, pinterest, likedin, dan sebagainya.
iklan yang kita gunakan untuk mengajak mereka yang sudah pernah berkunjung ke website untuk berkunjung kembali. Retargeting Advertising juga bisa disebut sebagai remarketing yang memanfaatkan cookie untuk mengetahui siapa saja yang pernah berkunjung ke website kita.
Lalu berapa sih harga pada digital advertising itu? Apakah sama seperti persepsi yang terbentuk di masyarakat selama ini yang katanya mahal? Atau justru sebaliknya?
Pertama kita harus tahu bahwa sebagian besar perhitungan biaya di digital advertising itu ditentukan dengan oleh pemilik bisnis sendiri. Jadi seperti yang sudah kami katakan pada pembukaan, mahal atau murahnya biasa iklan itu adalah sebuah pilihan, tergantung anda memilih yang mana.
Boleh banget, namun kita juga harus memperhitungkan juga gimana efektivitas besaran biaya yang kita keluarkan untuk berpromosi? Jangan sampai anda memilih biaya yang lebih murah namun ternyata tidak berefek pada transaksi, bukanya untungan, justru kerugian yang anda dapatkan.
Selain itu besar atau kecilnya biaya iklan itu juga tergantung dari jenis iklan yang dipilih, biaya iklan mobile advertising tentu berbeda dengan biaya SEM. Hal ini karena masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri
tentukan berapa besar anggaran yang ingin diinvestasikan pada iklan digital, misalnya seperti 10% dari target penjualan atau pendapatan dari bulan sebelumnya. Menentukan besarnya anggaran dengan metode seperti ini jauh lebih baik jika anda ingin sedikit menahan biaya produksi terkait promosi.
Setelah besaran biaya promosi sudah ditentukan, kita bisa melakukan beberapa optimasi terkait konten iklan atau hal lainnya, seperti misalnya jika memilih SEM, kita bisa menargetkan pada lokasi tertentu atau keyword potensial saja. Cara seperti ini jauh lebih efektif untuk menekan biaya dan harga tanpa mengabaikan mengabaikan efektivitas.
Baca Juga: Kunci Keberhasilan Pengelolaan Media Sosial
Iklan digital merupakan cara modern untuk memaksimalkan penjualan produk Anda. Dorado Digital Agency menyediakan jasa iklan digital untuk Anda. Ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai iklan digital? Kunjungi blog kami di sini.