Ketika Anda mendengar pemasaran konten pasti yang teringat adalah blog, media sosial atau email. Tetapi sebenarnya pemasaran konten itu telah ada jauh lebih lama sebelum internet, content marketing adalah tentang bercerita. Manusia sudah bercerita selama mereka dapat berbicara atau berkomunikasi.
Content Marketing Institute mendefinisikan pemasaran konten sebagai strategi pendekatan pemasaran yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga relevan, konsisten dan bertujuan untuk menarik pelanggan serta mengirimkan pesan yang berisi visi, misi, nilai, produk atau jasa yang disuguhkan sebuah bisnis.
Baca Juga: Sosial Media Management Versus Content Marketing
Dalam strategi pemasaran konten tidak ada “aturan” yang benar-benar baku, tetapi Anda bisa memasukan beberapa komponen utama ini sebagai panduan langkah Anda menuju pemasar konten yang sukses:
setiap konten yang dikembangkan oleh brand mempertimbangkan seseorang. Memahami audiens mencakup beberapa faktor dasar seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, penghasilan dan lain-lain. Apa yang diinginkan audiens Anda? Apa masalah yang mereka hadapi? (terkait dengan merek produk yang Anda pasarkan), bagaimana produk atau layanan Anda itu bisa membantu menyelesaikan masalah konsumen? Jadi jangan membuat konten yang berdasarkan asumsi.
Setelah paham audiens, coba Anda sekarang tempatkan diri Anda sebagai seorang audiens. Apa yang mereka cari ketika mereka membutuhkan produk atau layanan Anda. Buatlah daftar kata kunci kemudian integrasikan ke dalam konten Anda. Mengapa? Karena mengintegrasikan kata kunci ke dalam konten itu baik untuk SEO dan generating organic traffic. Selain itu juga menetapkan merek Anda sebagai otoritas. Ini juga sebagai salah satu tolak ukut untuk mengetahui audiens menemukan konten yang mereka butuhkan.
Konten seperti apa yang akan ditanggapi oleh audiens Anda? Jika audiens Anda lebih cenderung menonton video apa Anda perlu memposting dalam blog. Mengidentifikasi konten ini biasanya membutuhkan eksperimen beberepa jenis konten untuk melihat berfungsi atau tidaknya strategi konten Anda.
Sebagai content marketing yang melakukan penelitian tentang pemahaman audiens maka Anda akan mendapatkan juga konten yang paling dicari di online oleh audiens.
Setiap tahap strategi pemasaran konten biasanya dimulai dengan persona pembeli Anda.
kembangkan jadwal konten dan patuhi itu sebagai kunci konten Anda efektif.
Jangan pernah meninggalkan konten Anda tanpa melacak hasilnya. Karena pelacakan data akan memungkinkan bagi Anda untuk menganalisis hasil upaya Anda dan mempelajari tingkat efektifnya.
Anda bisa melakukan tinjauan per kuartal dan mempelajari strategi bersama dengan tim pemasaran konten. Bagian mana yang perlu ditingkatkan dan perbaiki.
Jika batas waktu dan anggaran memungkinkan Anda sebagai seorang pemasar konten Anda bisa melakukan sedikit eksperimen dengan menambahkan sesuatu yang baru sebagai bagian dari strategi pemasaran konten yang sukses.
Baca Juga: Selain Sosial Media Marketing Ini Elemen Lain Digital Marketing
Sekarang Anda sudah paham dan bisa mengembangkan serta mengikuti langkah demi langkah strategi pemasaran konten Anda. Saatnya berproses lagi, Karena content marketing adalah proses tanpa akhir yang menarik untuk diikuti. Jika Anda membutuhkan bantuan dengan content marketing untuk situs web bisnis Anda, hubungi Dorado Digital Activation Agency disini!