KPI merupakan kependekan dari Key Performance Indicator. Secara sederhana pengertian KPI adalah indikator keberhasilan atau alat ukur dari kinerja perusahaan terkait efektivitas pencapaian objektifnya. Secara khusus, KPI ini mengukur kinerja setiap divisi dan karyawan yang ada di dalamnya. Apakah berhasil, baik, gagal, atau buruk. KPI bisa diukur secara harian, mingguan, bulanan, per-3 bulan, per-6 bulan, atau bahkan per-tahun.
Baca Juga: Penggunaan Gaya Bahasa yang Dapat Mempengaruhi Penjualan
Bagi karyawan atau pekerja, KPI biasa dijadikan panduan sekaligus standar yang harus dicapai dalam pekerjaannya. Bagi manajemen, KPI menjadi salah satu alat evaluasi untuk memantau kinerja karyawannya. Jika kinerja seorang karyawan atau sebuah departemen tidak mencapai KPI, maka manajemen bisa mengevaluasi dan memberikan teguran agar kinerja mereka kembali optimal.
KPI memiliki 2 indikator, yaitu:
Idealnya, KPI dirancang dari awal bersama oleh para analis, kepala bagian, dan para manajer. Tetapi hal yang justru sering terjadi adalah perusahaan mengadopsi KPI yang sudah ada, padahal KPI tersebut belum tentu merepresentasikan tujuan perusahaan.
Salah satu kriteria pembuatan KPI yang efektif adalah dengan menggunakan kriteria SMART yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time Bound. Penjelasan mengenai kriteria SMART adalah sebagai berikut.
Dalam bidang pemasaran melalui media digital atau digital marketing, KPI memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan. Sebab, digital marketing sangat erat hubungannya dengan pengolahan data digital.Di dalam digital marketing semua kegiatan pemasaran tercatat pada data digital sehingga aktivitas pemasaran yang dilakukan lebih efektif, murah, dan terarah. Seluruh data digital tersebut digunakan sebagai dasar KPI untuk menjalankan perannya dalam digital marketing. Untuk lebih jelasnya mengenai peran KPI dalam digital marketing simak penjelasan berikut:
Dengan adanya KPI, setiap karyawan memiliki tujuan yang jelas atas apa yang dikerjakannya. Setiap karyawan juga akan bekerja keras untuk mencapai KPI tersebut agar tidak mendapatkan masalah dari atasannya atau bahkan bisa mendapatkan bonus ketika kinerjanya melampaui KPI.
KPI memiliki peran sebagai pengukur performa kinerja setiap karyawan. Hal ini penting agar menjaga stabilitas kerja setiap karyawan setiap harinya. Penilaian ini juga penting untuk melihat karyawan mana yang pantas mendapatkan bonus atau kenaikan jabatan, atau bahkan untuk melihat karyawan yang mana yang sudah tidak patut dipertahankan.
KPI secara tidak langsung memicu setiap karyawan untuk lebih berkembang dan bekerja dengan lebih baik. Sehingga dalam prosesnya, setiap karyawan akan berusaha untuk mengasah kemampuannya agar bisa mencapai KPI yang sudah ditetapkan.
Setelah memahami dan menerapkan KPI dalam digital marketing, ada dua hal yang wajib diperhatikan yaitu, yang pertama adalah sudahkah anda mencapai target KPI yang telah ditentukan? Lalu, yang kedua tentang bagaimana hasil evaluasi peran KPI? Kedua hal tersebut penting untuk menunjukkan KPI dapat berjalan efektif atau tidak dalam digital marketing.
Baca Juga: Platform Mengiklankan Produk Terbaik Untuk Merintis Usaha
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Agency di sini.