Media digital kini sudah menyentuh berbagai kalangan di berbagai belahan dunia. Penyebarannya yang luas membuat media digital sangat diminati sebagai media pemasaran. Selain itu, strategi pemasaran digital memungkinkan kita untuk dapat mengetahui biaya yang harus dikeluarkan dengan dampak yang diperoleh setelah melakukan pemasaran.
Baca Juga: Penggunaan Meme Untuk Meningkatkan Brand Awareness
Namun, bukan berarti pemasaran melalui media digital pasti membawa keberhasilan. Pemasar harus merancang strategi yang tepat sehingga strategi pemasaran digital ini dapat memberikan dampak yang positif untuk perusahaan.
Demi mencapai hal tersebut, berikut dirangkum beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemasar yang membuat strategi pemasaran digital menjadi tidak efektif:
Muncul anggapan bahwa semakin banyak media yang digunakan, akan semakin banyak audience yang dicapai, sehingga hasil pemasaran akan semakin baik. Tetapi pemilihan media atau platform tidak berhenti pada banyak dan sedikitnya media yang digunakan, tetapi efektif tidaknya media membawa pesan yang pemasar ingin sampaikan.
Lebih baik jika menggunakan 2 atau 3 media tetapi dipelihara (maintenance) dan dijalankan dengan maksimal. Fokus untuk menjalankan beberapa media yang disesuaikan dengan jumlah SDM yang dimiliki perusahaan.
Selain itu pemilihan jumlah platform yang tepat bisa membuat komunikasi dengan konsumen menjadi lebih intens.
Kesalahan yang sering dilakukan dalam digital marketing adalah ingin memasarkan kepada semua orang. Beriklan dengan tujuan mencapai semua orang, dengan harapan semakin banyak orang yang tertarik dengan produk atau brand, anggapan ini kurang tepat.
Sebagai pemasar harus menentukan target audience seperti apa yang ingin dituju agar dapat memilih jenis media dan waktu penayangan yang tepat.
Penting bagi pemasar untuk membaca demografi, sosiografi dan psikografi dari target audience yang ingin dituju. Dengan demikian pemasaran bisa lebih efektif, dimana pembelian slot media ditujukan ke arah yang tepat.
Keistimewaan digital marketing adalah bisa terukur, jadi pemasar bisa menilai kinerja dari media yang digunakan pada pemasaran sebelumnya. Melalui data yang dikumpulkan, pemasar bisa membaca respon dari audience terkait pemasaran yang dilakukan sebelumnya. Sehingga bisa dilakukan evaluasi apakah akan menjalankan taktik pemasaran yang sama atau perlu dilakukan perubahan.
Termasuk pemilihan media atau platform, penggunaan data ini sangatlah penting. Pemasar harus pandai untuk mengumpulkan data sehingga bisa menentukan media atau platform mana yang paling efektif untuk menyentuh target audience tertentu pada waktu tertentu.
Seringkali pemasar tidak menyadari pentingnya SEO (Search Enggine Optimization). Setiap orang mencari informasi tertentu melalui serach engine atau mesin pencari, sehingga penting untuk menampilkan produk atau brand di halaman pertama hasil pencarian. Dengan memaksimalkan SEO, memungkinkan produk atau brand ditemukan dengan mudah melalui mesin pencari.
Google sebagai salah satu mesin pencarian paling populer menyediakan fitur ‘Google Bisnisku’ yang membuat produk atau brand bisa berada pada halaman pertama hasil pencarian, lengkap dengan alamat, gambar, serta ulasan dari orang yang pernah mencoba produk atau brand Anda.
Baca Juga: Kesalahpahaman Tentang Web Design dan Web Development
Biaya untuk menjalankan digital marketing sangat mahal, tetapi biaya yang Anda keluarkan akan memberikan keuntungan yang besar pula jika dijalankan dengan baik. Usahakan untuk menghindari kesalahan-kesalahan umum yang dijelaskan di atas, maka hasil yang didapatkan juga akan lebih maksimal. Akan semakin banyak orang yang tahu tentang produk dan brand Anda, bahkan bisa meningkatkan penjualan. Ingin menjalankan Digital Marketing untuk perusahan Anda? Dorado digital Agency siap membantu! Kunjungi Dorado Digital Agency untuk informasi lebih lanjut.